Laman

Rabu, 02 April 2014

Kelebihan, Kekurangan, dan Resiko Melakukan Jailbreak

Mungkin menjadi di kalangan pengguna salah atau tidak tahu mengenai jailbreak. Ada yang menganggap jailbreak ini sebagai iOS sedangkan iOS dan jailbreak adalah dua hal yang berbeda. Ada juga yang beranggapan bahwa jailbreak ini sebagai virus.
Dalam kata lain, jailbreak adalah “memecah” batasan sistem operasi iOS yang terdapat pada iPhone, iPad dan iPod. Pasti banyak yang tertanya-tanya apakah jailbreak ini banyak kelebihan atau kekurangan? 

Di sini saya coba ingin shared tentang kelebihan dan kekurangan jailbreak.

Kelebihan jailbreak adalah :
1) Cydia
  • Cydia adalah perubahan pertama yang akan tampak setelah proses jailbreak selesai dilakukan.
  • Cydia merupakan teras utama kepada penggunaan jailbreak secara menyeluruh. Ia membolehkan kita menggunakan tweak seperti SBSettings, Zephyr, Auxo, Winterboard  dan sebagainya.

2) Aplikasi
  • Jailbreak membolehkan kita untuk memuat aplikasi yang berbayar di dalam iTunes secara gratis.
3) Ringtone
  • Boleh menggunakan ringtone tanpa membeli dan menggunakan iTunes.
  • Boleh set setiap aplikasi menggunakan ringtone yang berbeda dengan download Pushtone juga di Cydia.
4) Tema
  • Boleh ganti tema sesuai dengan keinginan dan cita rasa sendiri.
Sedangkan untuk Kekurangan jailbreak adalah :
1) Garansi
  • Jika jailbreak, warranty iDevice anda akan hapus. Tidak ada lagi warranty untuk iDevice yang dah di jailbreak. Tetapi, jika anda restore peranti anda dan kembalikannya kepada asal, waranty adalah seperti biasa.
2) Perlahan
  • iDevice akan menjadi perlahan karena jailbreak menggunakan banyak memory serta penggunaan tweak  yang banyak boleh menyebabkan menjadi lambat.
  • iDevice juga bisa hang dan crash jika penggunaan tweak yang terlampau banyak.
3) Bateri
  • Penggunaan bateri akan sedikit lebih boros akibat banyak penggunaan tweak. Contohnya jika anda menggunakan tema, perangkat akan menggunakan lebih banyak kuasa bateri.
4) iOS
  • Pengguna tidak dapat update iOS terbaru karena takut jailbreak mereka akan hilang sedangkan setiap iOS yang baru di keluarkan, pihak Apple akan kemaskini dan membaik pulih bug yang terdapat pada iOS sebelumnya.
Anda semua boleh jailbreak kerana tak akan merusak iDevice jika cara jailbreak itu adalah cara yang betul dan selamat.  Sentiasa BACKUP iDevice setiap kali mahu melakukan jailbreak. Sebagai contoh dengan melakukan jailbreak terhadap iPad, iPhone, iPod, anda bisa bebas melakukan kirim file (entah lagu, foto) lewat bluetooth dengan Perangkat lainnya lain atau anda bisa membuat theme iPad, iPhone, iPod anda lebih menarik sesuai keinginan anda.

Resiko Terburuk Jailbreak pada iPad, iPhone, iPod

Pertanyaanya sekarang apa akibat terburuk dari proses Jailbreak ini?
Yang utama dan pertama mungkin dengan melakukan proses Jailbreak, garansi terhadap iPad, iPhone, iPod anda akan hilang, Kedua, proses jailbreak bisa membuat iPad, iPhone, iPod anda matot alias mati total. Bukan bermaksud menakut-nakuti, tapi bila anda berniat melakukan proses Jailbreak iPad, iPhone, iPod sebaiknya anda hati-hati dan teliti sebelum melakukannya. Cek dan re-cek mulai dari versi Firmware yang cocok dengan versi Baseband iPhone, sampai kepada proses ketika melakukan Jailbreak, tahap demi tahap harus benar-benar anda hapal dan mengerti.

Solusi Menghadapi Resiko Terburuk


Lalu bagaimana bila terjadi kegagalan pada saat proses Jailbreak iPhone? 
Kegagalan terhadap proses Jailbreak iPhone bisa ditandai dengan tidak berfungsinya iPhone secara normal atau malah mati total. Bila setelah proses Jailbreak, iPhone anda masih bisa beroperasi tapi tidak berfungsi secara normal, anda mungkin bisa melakukan proses Restore (dengan menggunakan iTunes) untuk mengembalikan iPhone ke kondisi semula (factory setting) seperti sebelumnya terjadi proses Jailbreak.

Jadi, sebelum melakukan proses Jailbreak iPhone, sangat amat disarankan untuk anda belajar cara me-restore iPhone ke kondisi factory default, dengan demikian bila suatu saat terjadi kegagalan pada proses Jailbreak, anda tidak akan kelabakan dan bisa tetap tenang, toh anda sudah tau harus bertindak apa.

Jadi Apakah anda mau melakukan jailbreak pada device apple anda??? Itu kembali kepada anda sendiri.

32 komentar:

  1. Klo kita jailbreak kemudian kita restore pa garansi nya bisa kembli?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setauku walaupun di restore tetep ketauan, dan garansi tetep ilang.. Malah pas restore ada kemungkinan gagal dan matot seperti penejelasan agan di bawah.. :)

      Hapus
  2. Dah ga dong walaupun masa garansiny mash ada,, q dah pernah nyobaa jailbreak iphone q trus di restore ke dafault iphone,, nah tiba iphone s matot ( mati total ).
    Nah TIM Service Apple ga nerimah krna mereka tau klo iphone s dah di jailbreak walaupun q boongin ttp aja tau ✌🏻️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klu sim card gak respon operator bisa bagus gak klu d jailbreak mas..

      Hapus
  3. mas saya mau jailbreak nih 5s saya, tapi saya mau tempat yg aman dan bisa sigap kalo kenapa2, ada recomendasi tempat gak? saya gak masalah garansi sih, yg penting hape nya fleksible aja bisa segalanya hehe

    BalasHapus
  4. mas saya mau jailbreak nih 5s saya, tapi saya mau tempat yg aman dan bisa sigap kalo kenapa2, ada recomendasi tempat gak? saya gak masalah garansi sih, yg penting hape nya fleksible aja bisa segalanya hehe

    BalasHapus
  5. Iphone 4g saya berhasil di jailbreak

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat lh y. . .
      #ats keberhasilannya. . . .

      Hapus
  6. Iphone 3GS saya kok tiba tiba mati sendiri pas di masukan sim card tp klo tidak di masukan sim card kok malah normal ya?
    Klo kaya gini apa masalahnya? Battry atau IOS nya?
    Saya pake IOS baru (6.1.6)

    BalasHapus
  7. Saya restore mnual dr ipad mininya, tapi tiba2 mati dan cman logonya aja yg mncul! Skrng, bisa akses ke itunes dan restore disini, tiba2 koneksi gagal? Saya coba lagi, dan alhasil downloadnya masih lama.. Apakah ada kmngkinan gagal total?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya lw udh mentok logo udh payah tu gan. . .

      Hapus
    2. sotoy amat lu

      Itu namanya Bootloop

      Hapus
  8. kalo udah matot bisa d restore gk gan,,?? n lw gk bsa d restore apkah ada solusi lain buat perbaiki iphone ny. . . ??

    BalasHapus
  9. Kok ip 5 ku gk bisa 4G ? Padahal SIM card ku dh 4G ? Help me

    BalasHapus
    Balasan
    1. 5 atau 5s?

      Kalo kartu 4g tapi hp ga support mah sama aja boong wkwk

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  10. kenapa iphone 3gs saya terkunci setelah saya restore masih terkunci y... tolong pencerahanya

    BalasHapus
  11. liat model iphone nya kalo model A1428 belom bisa 4g beda frekuensi ama indonesia kalo iphone 5 model A1429 itu sudah bisa pake sinyal 4g indonesia

    BalasHapus
  12. Jail break untuk 6s gmn yh..

    BalasHapus
  13. Iphone q udah di jailbreak tpi ttp aman gg ada kendala. Yang jailbreak juga saya sendiri . Tpi ini cuman saran aja mas klo ada yng mau jailbreak tolong semua data2 a di simpen di ituns dulu . N download ios nya juga buat jaga2 entar kalo ada kesalahan pas jailbreak. Biasanya kalo salah jailbreak iphone agan gg mau masuk ke menu tapi macet di logo aple nya aja. Saran saya donwload ios a juga bos biar gg klabakan entar soalnya kalo hp di jailbreak trus di restor lewat ituns gg bakal bisa

    BalasHapus
  14. mau tanya ipad mini 64 gb modeL A1455 dikotak tertulis wifi + celluler dan da slot buat sim cardnya knpa simcardnya tidak terbaca ya.. walupun sudh di isi simcardnya? mohon penjelasannya... terimakasih

    BalasHapus
  15. Ip5 ada 2 tipe masbro, kalo tipe yg lama 4g nya cuma bisa di amerika sama kanada, kalo tipe barunya bisa di indonesia. Kalogasalah 14a28 tuh tipe lama, gatau dah pokoknya belakangnya 28, dan 14a29 tipe baru. Kenapa gabisa 4g? Karna beda frekuensi, di negara kita yg tercinta ini, frekuensinya main di 1800mhz (gsm) 850mhz (cdma) jadi kesimpulannya, kalo hape ente ip5 gsm tipe 14a28 gabakal bisa 4g sampe provider indonesia ngubah frekuensi karna ip5 tipe 14a28 itu frekuensinya bukan 1800mhz

    BalasHapus
  16. Hape sya tadi nya speker musik dan game gk kluar suaranya bgtu juga notif, ada di satu blog yg ngejelasin dgn cara di jail break dan rombak file sistem bisa, barusan ane coba jailbreak dan pasang file yg di saranin alhasil dan alhamdulillah skeg hape saya sudah normal suaranya berkat di jailbreak!!

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Gan saya mau tanya. Klo iphone 4 saya gak muncul sinyal knpa ya. D masukin sim card itu jadi " tiada layanan"
    Udah mnya ke konter ktanya IC PA, udh nyoba d ganti tapi tetep. Udah di reset jaringan juga ttep. Cuma yg blm itu coba d software aja. Klo mnurut agan" gimana dgn iphone saya? Solusi nya gimana?

    BalasHapus
  19. http://operaqqgambling.blogspot.com/2017/06/tips-trik-bermain-domino-99.html
    http://newsoperaqq.blogspot.com/2017/06/ahok-pecahkan-rekor-sudah-dipenjara.html

    Mari Bergabung Dengan Kami "www.OPERAQQ.com"
    Partner Sejati Untuk Permainan Kartu Anda ^^
    Penasaran mau daftar ??? PIN BB : D60ED5D7

    BalasHapus
  20. Kelebihan Apple Earpod dari pada ear piece merek lain http://zapplerepair.com/kelebihan-Apple-Earpod-dari-ear-piece-merek-lain.html

    BalasHapus