Laman

Selasa, 08 Juli 2014

Macam-macam Teh dan Manfaatnya

Teh adalah minuman yang mengandung kafein, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas. Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi 4 kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.
Istilah "teh" juga digunakan untuk minuman yang dibuat dari buah, rempah-rempah atau tanaman obat lain yang diseduh, misalnya, teh rosehip, camomile, krisan dan Jiaogulan. Teh yang tidak mengandung daun teh disebut teh herbal.
Teh merupakan sumber alami kafein, teofilin dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Teh bila diminum terasa sedikit pahit yang merupakan kenikmatan tersendiri dari teh.
Teh bunga dengan campuran kuncup bunga melati yang disebut teh melati atau teh wangi melati merupakan jenis teh yang paling populer di Indonesia. Konsumsi teh di Indonesia sebesar 0,8 kilogram per kapita per tahun masih jauh di bawah negara-negara lain di dunia, walaupun Indonesia merupakan negara penghasil teh terbesar nomor lima di dunia


Macam-macam jenis teh :

1. Teh Hitam
Teh hitam atau teh merah, merupakan jenis teh yang paling populer di Asia. Nah, teh ini memiliki proses oksidasi lebih lama dibanding yang lain dan beraroma kuat. Rutin mengkonsumsi 3 cangkir teh ini dipercaya menurunkan resiko kardiovaskuler (jantung, kolesterol dan stroke). Karna zat flavonoid quercetin, kaempfrol, dan myricetin dapat mencegah kerusakan pembuluh darah akibat oksidasi kolesterol.


 
2. Teh Putih
Teh putih atau teh albino merupakan pucuk daun teh yang selama pertumbuhannya dijaga dari sinar matahari. Tidak mengalami proses fermentasi, hanya diuapkan dan dikeringkan saja. Berwarna putih keperakan dan sangat langka. Dikleim sebagai teh dengan menfaat terbaik dari semua jenis teh dan harganya sangat mahal. Manfaat menekan sel kanker, obesitas, menangkal radikal bebas lebih baik, mencegah penyakit kulit dan melangsingkan tubuh.
 
3. Teh Herbal
Teh herbal atau teh tisane, bukan dibuat dari teh melainkan daun, bunga akar dan biji tumbuhannya. Contoh teh yang terkenal adalah chamomile, hibiscuss atau rosela dan bunga krisant. Manfaatnya beragam, misal chamomile dapat memberikan efek relax dan meredakan nyeri haid. Teh jahe, menghangatkan dan menyembuhkan mabuk perjalanan. Teh pappermint untuk mengobati kekembungan, dan masih banyak lagi. Teh chamomile punya rasa agak tawar dengan sedikit aroma seperti rumput.

4. Teh Hijau
Green tea sangat populer di Cina dan Jepang karena khasiatnya melawan kanker. Diperoleh dari pucuk daun teh segar yang mengalami pemanasan dengan uap air pada suhu tinggi. Tidak hanya untuk kanker, teh hijau sangat baik untuk kecantikan seperti mencegah penuaan dini, melangsingkan tubuh juga detoksifikasi.

 
5. Teh Oolong
Teh tradisional Cina dikenal sebagai naga hitam atau ular hitam. Proses oksidasi dan fermentasinya sebagian. Karena itu, bagian tepi daun berwarna merah dan ditengahnya hijau. Rasanya sama seperti teh hijau namun warna dan aromanya kurang kuat dibanding teh hitam. Menurunkan kadar kolestrol LDL (kolestrol jahat), resiko penyakit kanker, resiko penyakit kardiovaskular dan mencegah serangan stroke, menurunkan berat badan, dan menyembuhkan dermatitis atau eksim

Manfaat Manfaat Teh Bagi Tubuh :
  1. Teh Mampu mengobat kanker prostat
    Memang manfaat utama Teh yang paling baik untuk kesehatan adalah sebagai anti kanker alami. Dan salah satu penyakit kanker yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi Teh setiap hari adalah kanker prospat, namun dalam pengonsumsian teh untuk obat kanker usahakan diminum tanpa gula, dan pilih teh daun jangan teh celup. Mengapa Teh dapat mengobati Kanker karena teh mangandung senyawa EGGG atau epigallocatechin gallate. Senyawa ini adalah antioksidan alami dari teh.
  2. Mengatasi Hidrasi
    Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa dengan minum teh malah dapat membuat tubuh hidrasi hal ini didasari adanya kandungan kafein yang terdapat pada teh, namun taukah anda bahwa sebenarnya dengan mengkonsumsi teh dalam jumlah yang banyak, tubuh kita tetap memperoleh cairan yang banyak sehingga bisa mengatasi hidrasi.
  3. Dapat Membuat Tekanan Darah Menurun
    Nah manfaat teh yang selanjutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh, sehingga tekanan darah anda bisa menjadi normal lagi, adapun caranya adalah mengkonsumsi atau meminum teh Hitam dengan terus menerus / rutin setiap hari sampai darah tinggi anda normal. Nah jika anda seseorang yang  sudah mengkonsumsi obat penurun darah teh ini tidak akan membawa perubahan penurunan darah.
  4. Memberikan Kekuatan Dihari Esok
    Orang jaman dahulu rata-rata memiliki fisik yang lebih bagus ketimbang orang jaman sekarang, hal ini di ketahui bahwa orang jaman dahulu sering mengkonsumsi teh namun tidak dengan pemanis alias teh pait dan biasanya orang jaman sekarang malah sering mengkonsumsi minuman keras. Nah seperti yang sudah kita tau hahwa dengan penambahan umur seseorang maka mulailah penurunan kekuatannya dan kelincahan oragan tubuhnya. Dan menurut suatu penelitian orang yang mulai dari masa mudanya rutin mengkonsumsi teh  akan lebih kuat atau lincah beraktivitas saat tuanya ketimbang orang yang tidak pernah mengkonsumsi teh. Mantap bukan hehe.
  5. Dapat Menjaga Berat Tubuh Seseorang
    Wawww mantap yahhh, yang punya masalah berat badan wajib nih heheh ^_^, jika anda ingin berat badan anda tetap terjaga anda bisa meminum teh setiap hari ( khususnya teh hijau ya). dengan mengkonsumsi rutin Teh ini 5 gelas anda bisa mencegah Obesitas alias kegemukan. Jadi bisa dicoba deh buat anda yang ingin melakukan program diet heheh.
  6. Teh Dapat Mengecilkan Tumor
    Kenapa bisa gitu? Hal ini didasari bahwa teh mempunyai kandungan atau Senyawa kimia yang bernama flavonoid, dan khususnya teh yang mempunyai kandungan ini adalah Teh hijau. Kandungan inilah yang nantinya membuat minuman teh ini bisa mengecilkan penyakit tumor yang anda derita.
  7. Memperkecil Resiko Terkena Serangan Jantung.
    Manfaat teh yang terakhir pada artikel kali ini adalah dapat menghindarkan tubuh dari kemungkinan resiko terkena penyakit jantung koroner, dan teh yang paling baik untuk menjaga kesehatan jantung anda adalah Teh hijau. Jika anda ingin menghindarkan diri dari serangan jantung anda cukup mengkonsumsi the hijau sebanyak 3 gelas perharinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar