Laman

Senin, 12 Oktober 2015

Memulai Usaha Budidaya Tebu

Gua, ama 2 temen gua (sebut aja dimot ama ervan) sekarang lagi coba mulai bercocok tanam, ya sebagai penghasilan tambahan lah, sapa tau bisa menjadi penghasilan utama dan kantor jadi tambahan aja, aamiin..
Setelah pemikiran panjang dan menemui berbagai guru besar untuk menanyakan sekitaran usaha apa yang cocok buat kita bertiga, kami menemukan jawaban bahwa kami tidak cocok bekerja di air. Syukur alhamdulillah sih, kalo kerja di air repot juga kan gua,hehe.. Akhirnya kita memutuskan untuk jadi petani, ya petani tebu lebih tepatnya. Dengan modal usaha patungan, bismillah kita mulai untuk bercocok tanam. Akhirnya gua bisa menerapkan ilmu kuliah gua dulu pas di IPB, makanya gua nyoba buat bertani.
Kita mulai dengan perhitungan kasarnya dan kita menargetkan minimal punya lahan 3 hektar untuk bertiga, dengan harapan kan setiap orang nanti bisa mendapatkan hasil dari sehektar lahan yang udah dikelola. Kita asumsi kemarin dengan punya lahan 3 hektar, masing-masing kita bisa menghasilkan uang minimal setengah dari gaji kita sekarang, nah tahun berikutnya uang itu buat beli lahan lagi yang dengan harapan bisa nutupin setengah lagi dari gaji kita, abis itu resign deh.. #lho :D becanda ding..
Kita ngga muluk2 sih tujuannya, yang penting penghasilan per bulan udah bisa ngalahin gaji kita bertiga mah udah cukup lah, jadi kerja kan ngga keteken-keteken amat, ya ngga??hehe..
Kemarin lahan udan di cek, cuma memang baru dapet 2 hektar aja, sisanya masih nyari sekaligus nyari duitnya buat beli, hahahaha... (itu problem kita). Dengan baru dapetnya lahan seluas 2 hektar, kemungkinan rencana pendapatan belum dapat terpenuhi, jadi ya mau ngga mau nyari lagi tempat baru. Cuma tempat baru sekarang agak susah nyarinya karena harga tebu lagi tinggi jadi jarang petani yang akan menjual tanahnya. So sejauh ini kita jalankan dulu lahan yang udah ada, berharap nanti akan mendapatkan lahan lainnya, dan semoga nanemnya lancar dan harga gula tahun depan ngga merosot tajam, aamiin..
Bismillahi Rohmani Rohiim.. :)

1 komentar: