Laman

Sabtu, 04 Desember 2010

Apa itu SAP??

Apa itu SAP R/3?
SAP (System, Applications and Products in Data Processing) adalah software aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) terbesar di dunia dan begitu juga di Indonesia.

SAP dipakai dimana saja?
SAP hampir dipakai disemua industri, walaupun awalnya dirancang untuk manufactur. Sehingga Astra Intl, Toyota, Indofood memang pantas menggunakan package ini.


Isi SAP apa saja?
Sebagai sebuah aplikasi ERP, SAP termasuk sangat lengkap. Dulu programmer-programmer kita umumnya hanya membuat satu modul saja, misalkan Sistem Informasi penggajian, SI. Keuangan, SI. Perencanaan. Tapi SAP menggabungkan semuanya dari ujung-ujung. Yang artinya, detik ini warehouse department di Sidoarjo mengeluarkan barang (good issue), manajer accounting di headoffice di Cakung Jakarta sudah bisa melihat movement barangnya.

Dimana saya bisa mulai?
Saya ingin belajar SAP, dimana ya? kira-kira pertanyaan lainnya seperti itu. Kita bisa belajar di SAP partner seperti Asaba, Perdana dan teman-temannya dengan charge lebih dari $5000/modul, kurang dari seminggu. Mahal sekali? ya memang mahal sekali beberapa trainingnya malah harus di luar Indonesia.
Dibandingkan software lainnya, training SAP memang termasuk paling mahal. Beberapa diantara kita banyak yang belajar aplikasi secara otodidak dan berhasil.

Cara paling mudah belajar SAP
Masuk di perusahaan yangmenggunakan SAP, jjadi implementor SAP, auditor SAP user SAP, atau apapun yang berhubungan dengan SAP. Baru kita bisa belajar dengan mudah. Coba tanyakan veteran SAP yang ada sekarang? kenapa mereka bisa belajar SAP? menjadi pakar SAP? Mungkin karena mereka ada pada saat implementasi SAP.
Astra adalah contohnya. Veteran implementor SAP di Astra sekarang tersebar dimana-mana. Mereka dianggap IT engineer yang paling berpengalaman dengan SAP. Mudah, karena mereka mengalami periode implementasi yang kompleks saat itu.

SAPer
SAP itu secara umum terdiri dari 3 fungsi:
1. Functional, ini berhubungan dengan fungsi si ERP, biasanya orang dengan latar belakang keuangan (untuk modul FICO), orang berlatar belakarng HRD (untuk modul HR), ataupun orang teknik (untuk modul PP, PM) atau bahkan orang diluar bidang ilmu terkait bisa menjadi functional.
Functional berhubungan dengan design business process dari si ERP. Persoalan design ini penting, karena proses pembelian barang pada pabrik Mobil dengan
pabrik Motor tentunya memiliki flow yang berbeda.
2. ABAPer, dengan nama lain programmer, ini pastinya diisi oleh orang-orang berlatar belakang programming. ABAPER bertugas membuat report / customi akan sistem SAP. ABAP merupakan bahasa pemrograman sendiri yang dibuat oleh SAP.
3. Basis, Basis mudahnya adalah system administrator. Basis ini lah yang membuat user, membuat roles & profiles, mengatur security parameter, mengatur scheduling, set up system dan pekerjaan admin lainnya.

Belajar SAP yang lebih mudah
Yang paling basic, download pdf-nya http://help.sap.com
Atau coba googling, saya jamin pasti bingung :) . Masalahnya saat ini tidak akan pernah ada orang yang menguasai keseluruhan lini SAP secara mendalam.
Sangat sedikit abaper yang jago functional, juga jago basis, tapi juga ngerti auditing. Sangat sedikit yang paham security SAP dan sekaligus mengerti access authorization concept.

Sumber : http://yasirhn.wordpress.com/2007/08/20/hello-world/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar