Laman

Kamis, 31 Oktober 2013

Menjadi Pendengar yang Lebih Baik

Apakah Anda perlu meningkatkan ketrampilan Anda dalam mendengarkan?
Menurut para ahli, "pendengar yang baik" memperlihatkan pola-pola tingkah laku yang berbeda dan hal ini bisa dengan mudah dilatih dan dikuasai. Seorang pendengar yang baik akan dapat melakukan hal-hal baik yang diharapkan oleh orang lain.
Beberapa tips untuk menjadi pendengar yang lebih baik:
  1. Fokus! Hindari gangguan-gangguan dari luar dan perhatikan dengan seksama apa yang sedang disampaikan orang yang sedang berbicara.
  2. Terjemahkan kata-kata dan emosinya. Kata-kata yang digunakan hanya sebagian dari apa yang sedang mereka sampaikan. Anda dapat menangkap pesan secara keseluruhan dengan cara memperhatikan juga emosi di balik kata-katanya.
  3. Hindari memotong pembicaraan. Interupsi akan mempengaruhi komunikasi yang efektif. Biarkan seseorang tersebut selesai berbicara, baru nanti Anda menanggapinya.. :)
  4. Hindari menyaring pembicaraan. Terimalah dengan pikiran terbuka. Usahakan tidak menghakimi apa yang orang lain sampaikan hanya karena nilai-nilai yang Anda pegang.
Ambil kesimpulan dari pesan yang disampaikan. Yakinlah bahwa Anda telah mendengarkan sesuatu dengan benar. Berikan kesimpulan atas apa yang orang lain sampaikan, tanyakan padanya apakah itu pesan yang ingin disampaikannya atau bukan. Tanggapan Anda menunjukkan bahwa Anda memperhatikan lawan bicara Anda dan apa yang mereka bicarakan. Walaupun bukan jalan keluar terbaik, berikan apa tanggapan Anda setelah Anda mendengarkan mereka, karena itu akan sangat membantu mereka.. Semoga membantu.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar